8 Trik Agar Anak Tak Manja


Sikap manja anak bisa tumbuh, karena orangtua merasa… tidak berdaya mengendalikan si kecil.
VIVAnews – Anak-anak tak dilahirkan menjadi pribadi yang manja. Sayangnya, orangtua yang terlalu sabar membuat mereka menjadi manja. Tak mengherankan jika hampir 95 persen orangtua memanjakan anak-anak mereka. Sikap manja anak bisa tumbuh, karena orangtua merasa tidak berdaya mengendalikan si kecil. Namun menurut psikolog anak dan remaja, Richard Bromfield, Ph.D., dari Harvard Medical, ada 8 tips untuk mengambil kembali kendali Anda sebagai orangtua, seperti dikutip dari Shine.

1. Berkomitmen untuk tidak memanjakan anak. Jadikan Anda dan suami suami sebagai pemimpin di rumah, sehingga mereka akan mengikuti. Jadi, bukan hanya Anda yang bisa mengikuti kemauan anak, mereka juga harus bisa mengikuti keinginan orangtua.

2. Jelas dan tegas. Beritahu anak-anak mengenai apa yang Anda harapkan secara gamblang. Misalnya, tekankan pada mereka untuk bisa mandiri membersihkan kamar sendiri dan menyiapkan segala keperluan sekolah.

3. Jangan ‘menyuap’ anak di rumah. Orangtua dan anak-anak akan membayar mahal kebiasaan ‘menyuap’ ini. Kebiasaan buruk ini akan terus mereka lakukan saat beranjak dewasa.

4. Hindari selalu membuat kesepakatan. Tunjukkan secara langsung pada mereka bahwa tidak semua aspek kehidupan yang mereka tuntut merupakan kesepakatan, dan bisa selalu dikabulkan.

5. Jadilah bos. Tidak berarti Anda harus kejam. Maksudnya, bos yang bisa memahami, menyenangkan, memimpin, dan berwibawa sebagai orangtua.

6. Perhatikan berapa banyak Anda belanja untuk anak-anak. Coba hitung, untuk satu minggu seberapa banyak uang yang Anda keluarkan untuk memenuhi keinginan anak, termasuk mainan, buku, perlengkapan sekolah, pakaian, makanan ringan, peralatan olahraga, hiburan, pelajaran musik, dan sebagainya. Usahakan agar tidak terlalu memanjakan mereka dengan materi. Selain bisa belajar tidak manja, mereka juga akan belajar soal mengelola uang.

7. Menghargai setiap usaha lebih bagus dibanding hasilnya. Hal ini dapat membuat anak percaya diri sehingga kelak bisa mandiri. Sedangkan, sanjungan-sanjungan yang diberikan kepada anak, tidak akan membuat mereka percaya diri.

8. Luangkan waktu bersama anak. Misalnya carilah pengalaman dan kegiatan yang tidak banyak mengeluarkan biaya, seperti naik sepeda, berkebun, membangun sangkar burung, membantu melakukan proyek-proyek di sekitar rumah. Cara ini juga bisa jadi cara agar Anda dan anak-anak mengurangi kebiasaan menghabiskan waktu di mal.

About Yang Pernah Singgah

"Alam raya adalah sekolahku, pengalaman adalah guruku" Ingin mendapatkan penghasilan tambahan melalui weblog kalian? silahkan kunjungi http://www.atmku.co.cc

Posted on 9 Oktober 2010, in Inget and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. haha yang ke3 setuju banget.. Don’t give prize to your children for something yang memang sudah jadi kewajibannya dia buat dilakukan😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

Pandalon

Learning by doing

Motivator Pendidikan Kreatif

Namin AB Ibnu Solihin

Blognya bang fajar

baca, tulis dan bergeraklah!

Jundu Muhammad

Catatan-catatan dari seorang Pengagum Rasulullah

Kimia Kebahagiaan

Kitab Imam Al-Ghazali Panduan mengenai hidup zuhud yang sangat disukai kaum sufi

SPECIAL EDUCATION....with_luluk kusuma

berbagi ilmu tentang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus anak Difabel

Coretan Fafa

sepenggal kisah Muhammad Farrel Hayfa Ramadhani

My spare time

Mengikat Ilmu dengan Menulisnya

Blog Urip Guru Kimia

Berbagi informasi tentang pengajaran kimia, pendidikan, opini, dan TIK

IKA SMPN 6 Malang

Just another WordPress.com site

SDI Baitul Makmur

Jln Sawojajar 17 B

Jetpack for WordPress

Your WordPress, Connected.

Sherry-go-Round

Always pink and nine.

Educational Technology of SMP Negeri 5 Malang

berbagi ilmu dan pengetahuan itu indah dan menyenangkan

Multimedia | Webdesign | Photoshop | CorelDraw | Flash | Animasi | Video

Kompetensi keahlian multimedia SMK Negeri 4 Malang memberikan mata diklat : digital imaging, digital illustration, webdesign, 2d animation, 3d visualisation, video editing, interactive media

%d blogger menyukai ini: